Rabu, 01 Februari 2012

Memulai Bisnis Anda Sendiri



Dalam setiap workshop dan pelatihan kewirausahaan yang saya selenggarakan, saya sering mendengar pertanyaan dari peserta pelatihan yang sering masih kebingungan di dalam langkah awal untuk memulai bisnis mereka sendiri. Banyak dari mereka bahkan mungkin sudah mulai memasuki masa paruh baya di dalam kehidupannya dan masih tetap mengalami kebingungan untuk memilih bisnis yang ingin dijalaninya demi menjadi lebih kaya di dalam kehidupannya. Padahal lebih dari 65 persen orang kaya di dunia ini berasal dari kalangan entrepreneur atau pemilik bisnis. Lalu bagaimana agar Anda dapat memulainya dan bergabung bersama 65 persen orang kaya tersebut?

Bagaimana Anda menemukan bisnis yang cocok untuk Anda?

Ada jutaan cara dan bisnis yang berbeda di dunia ini. Dari kita membuka mata, bangun dari tidur, sampai kita menutup mata untuk kembali tidur, kita selalu menemukan dan memakai produk, jasa, dan informasi yang membuat orang lain/produsen produk, jasa dan informasi tersebut menjadi lebih kaya setiap saatnya. Berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam bisnis, melakukan bimbingan kepada ratusan pemilik bisnis dan terus belajar dari pebisnis sukses lainnya, saya menemukan bahwa di dalam bisnis apapun, dari bisnis besi bekas sampai apartemen, dari bisnis sabun colek sampai sabun mandi, selalu ada top 10% pebisnis yang jauh lebih sukses, lebih makmur, lebih kaya, lebih bahagia dibandingkan dengan sisanya yang rata-rata saja. Ini artinya bahwa semua bisnis, apapun jenisnya selalu dapat membuat diri kita menjadi lebih sukses, lebih makmur, lebih kaya, dan lebih bahagia. Pertanyaannya, manakah yang harus kita pilih untuk kita tekuni sebagai bisnis kita? Satu hal paling penting dari semua ini adalah bahwa Anda sebaiknya masuk ke dalam sesuatu yang benar-benar Anda sukai, nikmati, peduli, dan Anda bergairah ketika melakukannya. “Gairah/ passion” adalah salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan usaha Anda.

Mengapa hal ini begitu penting bagi Anda?

1. Setiap bisnis yang sukses membutuhkan seseorang yang berkomitmen, berdedikasi, hidup dan bernafas untuk selalu memikirkan keberhasilan bisnis dan perusahaannya tersebut. Tanpa gairah, akan sulit bagi Anda untuk memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi di dalam bisnis Anda.

Definisi “komitmen” yang saya pakai adalah “dalam situasi dan keadaan apapun, tidak ada alasan, lakukan dan fokus pada hasil akhir”! SETIAP HARI, Anda harus selalu memikirkan bagaimana bisnis Anda dapat mencapai posisi top 10 persen terbaik di antara para pesaing Anda. Mengapa? Karena di puncak 10 terbaik itulah uang paling banyak berada! Inilah sebabnya mengapa Anda harus memilih sesuatu yang Anda peduli dan nikmati di dalam menjalankannya, karena Anda HARUS selalu berkomtimen dan berusaha untuk menjadi top 10 persen terbaik di bidang Anda, disitulah uang paling banyak berada!
Tanpa seseorang yang bergairah, peduli lebih banyak tentang bisnis, produk, jasa dan pelanggannya, bisnis apapun memiliki kesempatan berhasil yang sangat kecil. Banyak orang memulai bisnis dengan menjual produk, jasa, atau informasi yang mereka sendiri sangat senang untuk menggunakannya. Orang yang lain memulai bisnis karena mereka sangat bersemangat tentang teknologi atau ilmu lain yang terlibat di dalamnya. Beberapa orang memulai bisnis yang tumbuh dari hobi mereka. Lihatlah sekitar Anda di bagian-bagian kehidupan yang paling Anda nikmati. Anda mungkin melihat sesuatu yang Anda inginkan atau dibutuhkan banyak orang, akan tetapi tidak ada orang lain yang menawarkannya. Anda dapat memulai menawarkannya!

2. Sudah menjadi hukum alam bahwa segala sesuatu di dunia ini memiliki siklus kehidupannya. Begitupulalah sebuah bisnis, akan ada masanya Anda mengalami tantangan yang cukup berat untuk di atasi. Beban sangat berat bisa saja menghimpit Anda. Di titik inilah Anda benar-benar akan membutuhkan peranan sebuah “gairah/ passion”. Karena ketika Anda sangat menikmati bisnis yang Anda jalani, bahkan tanpa dibayarpun Anda bersedia menjalaninya, Anda akan mampu bertahan dan memiliki kemauan untuk mencari jalan keluarnya. Anda tidak akan lari meninggalkannya, karena Anda menikmatinya!

Salah satu mitos kewirausahaan adalah bahwa pengusaha adalah pengambil risiko. Ini tidak benar! Pengusaha sukses adalah seseorang yang mampu melakukan manajemen resiko dan selalu fokus pada keuntungan dan bagaimana menjadi lebih produktif setiap waktunya. Mereka melakukan segala kemungkinan untuk meminimalkan risiko dan selalu berusaha menjadi top 10% di bidangnya. Dan ini harus menjadi fokus utama Anda!

Banyak orang berpikir bahwa alasan memulai sebuah bisnis adalah agar Anda dapat mendapatkan banyak uang. Patut kita sadari bahwa “uang” adalah “alat tukar nilai tambah”, uang hanyalah sebuah hasil/ akibat dari kita memberikan nilai tambah kepada orang lain, yang dalam hal ini adalah setiap hal yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar