Kamis, 15 Maret 2012

Tips-tips Searching di Google

Apa kabar sobat blogger semua? Hmm...sepertinya, kini dunia blog sudah semakin mendunia saudara. Oke basa-basinya ditahan dulu aja. Yang ane mau bahas kali ini adalah Tips-tips dalam Searching di Google.
Pastinya agan dan aganwati selalu mengawali google saat mencari sesuatu, tul gak? Cari tugas, makalah, software, aplikasi, atau bahkan sekedar cari info lowongan ataupun info bisnis. Tapi tahukah Anda, bahwa ada beberapa tips-tips mudah, agar kita dapat langsung menemukan apa yang kita cari? Simak berikut.
Dalam proses pencarian, kita haruslah paham dan mengkategorikan file apa yang akan kita cari.
TIPS MENCARI DOKUMEN FILE
Khusus dalam pencarian dokumen file, kita bisa menggunakan fasilitas file extension. Sehingga lebih mudah bagi google untuk menemukan dokumen yang kita maksudnya. Dengan mengetik Nama Dokumen.Extension, maka Google akan segera menampilkan seluruh dokumen dengan ekstensi yang tertulis.
Berikut extensi file dokumen
Nama DokumenExtension
Microsoft Office Word 97-03.doc
Microsoft Office Excel 97-03.xls
Microsoft Office Power Point 97-03.ppt
Microsoft Office Access 97 - 03.mdb
Microsoft Office Publisher 97-03.pub
Microsoft Office Word 2007 / 2010.docx
Microsoft Office Excel 2007 / 2010.xlsx
Microsoft Office Power Point 2007 / 2010.pptx
Microsoft Office Access 2007 / 2010.mdbx
Microsoft Office Publisher 2007 / 2010.pubx
Adobe Reader.pdf
Rich Text Format.rtf
Cukup tuliskan keyword pencarian, ditambah file ekstensi. CONTOH = "Makalah Sistem Periodik Unsur.doc" atau "Makalah Sistem Periodik Unsur filetype:doc"
CATATAN: Untuk pencarian dokumen, Dapat menggunakan "keyword site:scribd.com" atau "keyword site:docstoc.com". Kedua website ini adalah Dokumen Storage besar yang memiliki berjuta dokumen gratis dari seluruh pengguna internet dunia.

TIPS MENCARI VIDEO dan GAMBAR di GOogle
Khusus untuk mencari Video dan Gambar, google telah menyediakan subdomain tersendiri. Subdomain tersebut adalah videos.google.com dan images.google.com. Tapi, tahukah Anda, bahwa hanya dengan sekedar menuliskan nama Video yang akan Anda cari akan langsung ditemukan? Sepertinya itu belum cukup. Cara yang lebih tepat adalah mencari Video atau Gambar dengan menuliskan "keyword", ditambah dengan "site:website". Pada keyword, diisi Video atau Gambar yang Anda cari. Dan Pada website diisi dengan nama Website penyimpan Video atau Gambar.
Untuk website penyimpan Video adalah : youtube.com, metacafe.com, dailymotion.com dll
Untuk website penyimpan Gambar adalah : tinypic.com, imageshack.com, photobucket.com dll
Contoh Format Untuk mencari Gambar/Video : "video Simoncelli site:youtube.com" (tanpa tanda kutip)

TIPS MENCARI FILE UMUM DI GOOGLE
Untuk mencari file umum, seperti aplikasi, software, game, dan berbagai jenis file lainnya, Anda dapat menggunakan keyword seperti pada pencarian video dan gambar di point sebelumnya yaitu "keyword site:website.com" (tanpa tanda kutip). Untuk website, cukup tambahkan nama-nama website penyedia jasa penyimpanan file online seperti : mediafire.com, ziddu.com, 4shared.com, filesonic.com, megaupload.com, indowebster.com, dll
CONTOH KEYWORD PENCARIAN : "Office 2010 site:mediafire.com" dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar